sakit pinggang

sakit pinggang karena gangguan tulang dan otot pinggang atau LBP ( low back pain )

sakit pinggang

Pengertian Low Back Pain. Low back pain atau lumbago dalam nyeri pinggang sering terjadi akibat gangguan pada tulang dan otot punggung. Sakit pinggang atau low back pain merupakan keluhan umum. … Low back pain  adalah salah satu alasan paling sering orang berobat ke dokter atau ke medis.

Angka Kejadian
Nyeri pinggang terjadi pada 60-90 % sepanjang kehidupan manusia, 90 % kasus nyeri pinggang akan sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 6-12 minggu. Kasus ini akan meningkat pada usia > 45 tahun

Penyebab Low Back Pain

Apa yang menyebabkan Low Back Pain ?
Sebagian besar kasus nyeri pinggang dapat dihubungkan dengan penyebab umum seperti ketegangan otot, cedera otot atau penggunaan yang berlebihan atau dapat dikaitkan dengan kondisi tertentu yang terjadi pada tulang belakang. Kondisi tulang belakang terkait yang paling umum yang menyebabkan nyeri punggung bawah adalah:
a. Hernia Diskus (HNP, Hernia Nukleous Pulposus)
b. Penyakit Degeneratif pada Diskus
c. Spondylolisthesis
d. Stenosis Spinal
e. Osteoarthritis

Kondisi yang jarang menyebabkan low back pain yang tidak terdapat diatas seperti disfungsi sendi sacroiliac, tumor tulang belakang, fibromyalgia, dan sindrom piriformis.

Dalam keadaan sehari-hari dari nyeri pinggang secara akut terjadi setelah gerakan yang melibatkan mengangkat benda berat, memutar , atau yang lainnya. Gejala-gejala dapat segera dimulai setelah gerakan atau setelah bangun keesokan harinya. Nyeri kadang muncul disertai menjalar ke kaki. Gejala dapat berkisar dari nyeri pada titik tertentu pada pinggang atau memburuk dengan gerakan tertentu seperti duduk atau berdiri. Hal inilah yang membuat orang berobat ke dokter. Nyeri pinggang akut ini kadang ada yang berlanjut menjadi nyeri kronis yang dapat mengganggu kehidupan seseorang seperti sulit tidur, cemas dan depresi bila nyeri dirasakan berat.

Bagaimana cara menghilangkan Low Back Pain ?

Untuk nyeri akut yang ringan atau sedang bertujuan untuk restorsi fungsi normal seperti kembali bekerja dan menghilangkan rasa nyeri. Bila datang ke dokter bisa dilakukan sebagai berikut :
a. Terapi Medikamentosa : bisa di coba dengan menggunakan obat anti nyeri golongan NSAID baik dengan injeksi atau obat minum.
b. Terapi fisik : dilakukan dengan alat-alat fisioterapi
c. Pembedahan atau Surgery : tergantung dari kasusnya, bila kasus nyeri tulang belakang tersebut indikasi untuk dilakukan pembedahan semisal HNP, Canal stenosis, dan lain-lainnya. Tujuannya untuk menghilangkan penyebabnya atau penjepitan saraf yang menyebabkan nyeri. Cara lain yang dilakukan adalah dengan injeksi obat tertentu langsung pada tempat nyeri tersebut (interventional pain management). Cara-cara tersebut dilakukan oleh ahlinya yaitu dokter bedah saraf.

Yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi low back pain

1. Memberikan kompresan

Saat Anda mengalami nyeri punggung bawah, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengompres. Dengan mengompres bagian nyeri, itu akan meredakan saraf dan otot yang menegang hingga menimbulkan rasa nyeri.

Pertama, Anda bisa mengompres bagian yang sakit selama 1 sampai 2 hari, selama 20 menit tiap sesinya. Mengapa begitu lama? Karena tahap ini merupakan tahap peradangan awal yang butuh diberikan penanganan sederhana. Setelah rasa nyeri mulai mereda, barulah boleh Anda menggunakan kompresan hangat pada bagian punggung yang sakit.

2. Tidur di posisi dan kasur yang nyaman

Atur posisi tidur Anda dengan nyaman, tempatkan punggung Anda pada posisi tegak dan lurus. Usahakan leher, punggung, dan tulang ekor bawah sejajar, maksudnya adalah jangan gunakan bantal atau penyangga di kepala dahulu.

Mengapa posisi dan alas tidur penting? Karena tiap jenis-jenis tiap orang berbeda, disesuaikan dengan struktur tubuh, ukuran tubuh, dan kenyamanan yang didapat, sehingga penting dalam masa pemulihan low back pain tersebut.

3. Minum obat pereda rasa nyeri

Jika dirasa nyeri punggung bawah yang Anda alami sakit tak tertahankan, boleh Anda meminum obat pereda nyeri yang dijual di apotek. Obat jenis ini memang diperlukan untuk menghilangkan nyeri saraf pada tubuh. Tapi ingat, obat ini tidak bisa Anda gunakan terus menerus. Anda harus mulai membenahi gaya hidup dan kesehatan Anda, contohnya dengan melakukan peregangan pada otot-otot bagian belakang setelah Anda selesai berolahraga.

Yang sebaiknya dihindari saat low back pain

1. Jangan duduk dan diam saja

Kalau Anda pikir low back pain bisa disembuhkan dengan mengistirahatkan tubuh, Anda salah kaprah. Tubuh, saraf, dan otot belakang Anda memerlukan peregangan ketika mereka meradang. Bangun dan regangkan badan Anda setiap 20 menit sekali. Jangan lupa regangkan kaki dan bagian tangan Anda.

2. Makan terlalu banyak

Nyatanya, makan terlalu banyak bisa membuat low back pain makin parah. Tubuh yang kian meningkat bobotnya, dapat memberikan kontribusi untuk gejala yang berhubungan dengan tulang belakang, seperti osteoporosis, osteoarthritis, reumatik, dan stenosis tulang belakang.

3. Mengangkat barang berat

Seperti yang diketahui, low back pain bisa disebabkan gaya, daya, dan posisi yang salah saat Anda mengangkat barang berat. Sangat tidak dianjurkan untuk mengangkat barang terlalu berat. Kalaupun Anda terpaksa, lakukan dengan posisi seperti yang dianjurkan di bawah ini:

  • Ketika ingin mengangkat, angkat dari jarak yang dekat
  • Posisikan siku Anda menekuk, dan tekuk lutut Anda.
  • Angkat berawal dari kaki dan naik ke otot perut
  • Saat benda telah berada di dekapan, jangan sekali-kali memutar-mutar badan

4. Jangan duduk dengan posisi sembarangan

Kalau pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk duduk dan berdiam dalam jangka waktu yang lama, pastikan kursi Anda memiliki sandaran yang lurus, sesuaikan dengan sandaran lengan juga agar nyaman. Berikan bantalan di bagian punggung bawah. Jangan lupa untuk meregangkan tubuh Anda setiap 30 menit sekali.