website gratis vs Berbayar

banyak diantara kita ingin memiliki sebuah website atau blog, dan banyak juga yang ingin memilikinya secara gratis, walaupun tidak sedikit yang membeli bahkan desain sekalipun di bayar dan membayarmya sampai ratusan juta.

membandingkan website gratis dan Berbayar sangatlah jauh, walaupun yang dibayar hanya sekedar domain dan hostingnya saja. mari kita lihat

  1. website gratis tidak punya domein dan hosting yang memadai, hal yang penting karena domain adalah alamat sebuah pencarian dan hosting adalah rumahnya (tempat penampungan database ) banyak yang gratis hanya untuk menarik pelanggan dengan kecepatan bandwith yang lemot dan sempit, pastikan anda hanya main main main saja, website anda akan jatuh bangun. sedangkan website berbayar paling tidak domein dan hosting nya berbayar sehingga kelihatan seperti www.baranganda.com atau www.webmurah.info dan lainya. minimal kapasitas hosting anda  100 mb sudah cukup punya website estimasi bayar : biaya hosting 100 mb Rp 66.000/Tahun tambah Biaya domein dot com ( .com ) Rp 100.000 sehingga total Rp 166.000 Per Tahun anda sudah punya website khan , berbayar atau premium lagi. 
  2. website gratis security  atau kemanan sangat lemah dari hack atau para pelaku spam, sedangkan website berbayar pasti ada ssl atau pola kemanan dari penjual hosting dan domein.
  3. website gratis lemah daya jual dalam bisnis online, sedangkan website berbayar sudah jelas punya daya saing  dan nilai jual, apalagi mau diisi dengan script toko online
  4. website gratis performanya tidak stabil sedangkan website berbayar performnya diatas rata rata