gejala kolesterol

Sebelum membahasa gejala kolesterol kita wajib mengetahui apa itu kolesterol :

Apa itu Kolesterol Tinggi?

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang mengacu pada meningkatnya kadar zat lilin dalam lemak tubuh. Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel-sel yang sehat, akan tetapi kolesterol juga dapat menyebabkan beberapa efek negatif jika ada dalam jumlah yang lebih besar dari apa yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi normal. Jumlah kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan penyimpanan lemak terbentuk dalam pembuluh darah dan berpotensi sebagai penyumbat atau penghalang, yang membuat darah lebih sulit mengalir melalui arteri. Selain itu, karena kolesterol menumpuk di dalamnya, arteri cenderung mengeras, menyebabkan suatu kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis. Penyakit ini menyebabkan masalah yang berhubungan dengan jantung karena membatasi aliran darah, yang mana jika tidak diobati, dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung. Stroke erjadi ketika otak tidak mendapatkan pasokan yang cukup dari darah dan oksigen, sementara serangan jantung terjadi ketika jantung tidak menerima pasokan oksigen yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab utama dari kolesterol tinggi adalah adanya jumlah lemak yang tinggi dalam pembuluh darah. Kolesterol ada dalam darah dan, karena itu, akan berkombinasi dengan protein lain di dalam tubuh. Kombinasi protein dan kolesterol disebut lipoprotein. Jenis lipoprotein yang membawa lemak menentukan jenis kolesterol yang berbeda, meliputi:

 

Gejala Utama Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala, tetapi menjadi penyebab kondisi kesehatan yang serius dan kronis lainnya seperti penyakit jantung dan stroke. Ketika arteri tertentu dan pembuluh darah mulai mengumpulkan kolesterol LDL, seseorang mungkin mulai merasakan beberapa gejala seperti sesak napas. Beberapa orang juga mungkin mengalami sakit di bagian dada setelah terkena masalah jantung yang disebabkan oleh kolesterol tinggi.

Selain itu, kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan rasa sakit di berbagai bagian tubuh, yang dapat menyesatkan seseorang untuk berpikir bahwa masalah ini tidak berhubungan dengan jantung. Ketika arteri tertentu disumbat, bagian tubuh yang terhubung ke arteri tersebut mengalami rasa sakit. Sebagai contoh, jika ada penyumbatan di arteri kaki, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat berjalan. Sayangnya, gejala ini biasanya tampak setelah kerusakan terjadi. Karena kolesterol tinggi tidak memiliki gejala, tidak ada cara lain untuk mendeteksi penyakit lain selain dengan melakukan pemeriksaan darah secara teratur.

Baca & Bagi !